Rabu, 04 April 2012

5 Tips agar Anak Anda Suka Membaca

Konon, hanya sekitar 0,01% dari warga Indonesia yang suka membaca. Padahal, buku adalah jendela dunia. Sehingga membaca adalah upaya untuk membuka jendela dunia. Maka, menjadi menyedihkan jika hanya 0,01% masyarakat kita yang suka membaca.
Keadaan yang lebih menyedihkan terjadi pada anak-anak. Akibat minimnya kalangan dewasa dan orang tua yang memiliki kesadaran membaca, maka otomatis anak-anak pun tak terdidik untuk menjadi pembaca. Apalagi, berdasarkan penelitian dari Gothenberg University di Swedia, perkembangan tekhnologi internet –khususnya dengan munculnya game online- menyebabkan anak-anak malas membaca dan banyak yang hingga kehilangan minat.Maka, dibutuhkan upaya keras untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini.
Berikut tips-nya :
Bebaskan Anak Memilih. Anda patut membiarkan anak Anda bebas memilih buku apa yang paling disukainya, sehingga mereka merasa nyaman dan tak terkekang saat ingin membaca. Sehingga itu akan menumbuhkan minat bacanya dan kecintaannya pada buku. Namun, teruslah mengontrol apa yang dipilihnya, untuk memastikan bahwa pilihannya positif dan tepat sesuai dengan usia dan mentalnya.
Sediakan Bahan Bacaan Secara Komplit. Bahan bacaan tidak sekadar buku. Anda dapat menyediakan bahan bacaan dari apa pun juga, yang jelas yang dapat membuat anak merasa bahwa membaca adalah kegiatan menyenangkan. Bahan bacaan itu bisa komik, majalah, koran, dan media online. Selain itu, Anda bisa meluangkan waktu untuk mendongengkan isi sebuah buku cerita kepada anak Anda untuk membuat anak merasa diperhatikan kegiatan membacanya.
Ajaklah Anak Anda Menonton Film yang Diangkat dari Buku. Banyak sekali film layar lebar yang diangkat dari novel maupun cerita pendek. Maka, ajaklah anak Anda menontonnya, sehingga setelah itu mereka merasa penasaran dan tertarik untuk membaca versi bukunya. Karenanya, sehabis menonton, Anda harus menjelaskan bahwa film itu merupakan adaptasi dari sebuah buku dan menegaskan tentang asyik dan bagusnya jika anak Anda juga membaca versi bukunya.
Ciptakan Suasana Membaca di Rumah. Kebiasaan yang tumbuh dalam diri anak-anak tentu saja sangat terkait erat dengan suasana lingkungannya. Dan lingkungan pertama seorang anak adalah rumah. Maka, sebaiknya Anda menciptakan 'iklim' membaca di rumah Anda. Bahkan, sebisa mungkin, sediakan sebuah ruangan yang sangat menarik untuk dijadikan tempat membaca, karena hal itu akan berdampak positif untuk menumbuhkan minat baca anak Anda. Jangan lupa bagi Anda sebagai orang tua untuk juga memberikan teladan kepada anak-anak dengan cara rajin membaca, sehingga anak-anak akan meniru kebiasaan Anda. Kuncinya di poin ini adalah, ciptakanlah suasana yang kondusif di dalam rumah untuk sebuah kegiatan membaca bagi Anda dan anak Anda.
Luangkan Waktu untuk Membaca dan Berdiskusi dengan Anak Anda. Perlihatkanlah sikap bahwa Anda sebagai orang tua sangat mendukung minat membaca anak Anda dengan selalu menyediakan waktu bersama anak-anak untuk membaca bersama atau mendiskusikan isi buku yang sedang dibaca oleh anak Anda. Berikanlah waktu kepada anak-anak Anda untuk mengeksplorasi hasil bacaannya beberapa menit saja, sehingga anak Anda merasa bahwa kegiatan membacanya tidaklah sia-sia. [Sukron Abdilah/Mizan.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar